Cara Gampang Akrab di Lingkungan Kampus









Menjadi mahasiswa yang aktif di kampus punya banyak manfaat. Misalnya belajar menghadapi tipe-tipe orang, bersosialisasi dengan berbagai kalangan, memperluas networking, dan menambah list pengalaman yang pastinya bisa memperbagus CV-mu di kemudian hari. Terus, bagaimana cara menjadi mahasiswa aktif di kampus? Berikut Quipper jabarkan caranya.

 1. Jangan Malas Daftar UKM

Saat menjadi mahasiswa baru, usahakan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampus. Tidak perlu semua, kok. Kamu cukup memilih UKM yang memang sesuai dengan keinginanmu.
Ada banyak UKM yang bisa diikuti, misalnya kelas drama, English club, bela diri, basket, menari, paduan suara, dan banyak lagi.
Saat mendaftar UKM, jangan hanya mengikuti UKM apa yang diikuti oleh teman-teman lain. Karena biasanya malah berujung jadi malas ikut UKM kalau enggak ada temannya. Ikutlah kegiatan UKM karena memang minat dan hobimu di situ.
Dengan mendaftar UKM, kamu tidak hanya bisa mendapatkan ilmu baru, tetapi juga kenalan dengan teman-teman baru dari jurusan lain. 


2. Daftar Jadi Anggota Organisasi Kampus

Eits, jangan minder duluan. Menjadi anggota organisasi kampus tidak seseram yang kamu bayangkan, kok. Aktif di kampus bukan berarti kamu tiba-tiba jadi mahasiswa idealis yang suka berdemo. Tidak semua organisasi di kampus seperti itu.
Coba daftar jadi anggota seperti BEM atau organisasi fakultasmu. Siap-siap karena kamu akan disibukkan dengan berbagai program kerja dan rapat. Nggak hanya berdampak untuk kemajuan kampus, kegiatan ini juga akan memberikan kamu ilmu-ilmu baru.
Misalnya, melatih sifat kepemimpinan kamu, di mana kamu harus terbiasa untuk mengeluarkan pendapat saat rapat dengan anggota lainnya. Kamu juga akan bertemu dengan teman-teman dan senior baru yang pastinya bisa sharing ilmu dan pengalaman mereka. Selain itu, kamu juga jadi punya berbagai sudut pandang pemecahan masalah karena saling belajar satu sama lain. Hal ini tentunya berguna banget ketika di dunia kerja nanti.
Tapi ikut organisasi kampus ini tentunya dengan tetap mempertimbangkan pembagian waktu belajarmu, ya.

Pentingnya Ikut Pers Mahasiswa Bagi Kamu yang Berjiwa Sosial!

 3. Rajin Ikut Seminar di Kampus

Memang tidak semua seminar yang ada di kampus bisa diikuti secara gratis. Tapi, ikut seminar ini bisa menjadi modal kamu di masa depan, loh. Kamu bisa mendapat ilmu dan informasi baru yang pastinya berguna.
Pilih seminar-seminar yang memang menyediakan materi berkaitan dengan mata kuliahmu. Atau mungkin yang berkaitan dengan profesi yang kamu pilih di masa depan nanti.
Kamu juga akan bertemu dengan mentor-mentor hebat yang jadi pembicara seminar. Hal ini tentunya akan memperluas wawasan, cara berpikir, dan tidak lupa networking. Kamu juga bisa menambah kumpulan daftar sertifikat seminarmu.

 4. Rajin Bertanya Saat di Kelas

Tidak hanya di luar ruangan kelas saja kamu harus aktif. Di dalam kelas pun, kamu harus menunjukkan ‘cakarmu’. Caranya dengan rajin bertanya di kelas. Tapi bukan sembarangan pertanyaan seperti, “Bapak sudah makan siang belum?” atau “Bapak sudah punya pacar belum?” ya!
Dengan sering melontarkan pertanyaan ini, kamu jadi akan diingat dosen dan dinilai punya kemampuan akademis lebih. Sebab, biasanya anak yang rajin bertanya adalah yang benar-benar peduli dan ingin memperdalam pengetahuannya. Bukan hanya yang datang, sekadar duduk, masuk kuping kiri keluar kuping kanan.
Ingat, tidak pernah ada pertanyaan yang salah. So, jangan malu untuk selalu mempertanyakan apa yang kamu anggap belum masuk akal. Selalu ingat pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Secara tidak sadar, kamu juga melatih diri sendiri untuk selalu bersikap kritis, tidak peduli siapa yang berbicara.

 5. Semangat Jadi Mahasiswa Berprestasi

Yes! Kamu bisa banget jadi mahasiswa berprestasi. Percaya sama kemampuan diri sendiri dan selalu melakukan yang terbaik.
Tidak hanya akan membanggakan orangtua, kamu juga akan mengharumkan nama kampus. Bayangkan kalau kamu jadi mahasiswa berprestasi yang menang mengikuti lomba dan bisa dikirim keluar negeri atau luar kota.
Tawaran berbagai beasiswa atau tempat kerja berkualitas pasti sudah di depan mata. Once again, kamu juga bisa memperluas jaringan pertemananmu dengan ikut berbagai lomba ini. Pokoknya seru deh...
Previous
Next Post »

1 Komentar Absurd:

Click here for Komentar Absurd
Indah.
admin
3 July 2019 at 01:58 ×

do u still remember me?

Congrats bro Indah. you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Apapun kicauanmu, berkicaulah... ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment